19 April 2008

Banggakah saya???

Jika ditanya apa saya bangga menjadi orang Indonesia, dengan pasti saya akan menjawab saya bangga menjadi orang Indonesia tapi jika ditanya apakah saya juga bangga menjadi warga negara Indonesia tanpa pikir panjang saya pasti akan menjawab saya malu memiliki kewarganegaraan Indonesia. Coba kita bersama ingat bahwa pengertian bangsa dan negara adalah berbeda. Bangsa adalah perasaan senasib sepenanggungan entah itu karena kedekatan ras, agama, suku, maupun sejarah. Indonesia merupakan sebuah bangsa yang mendasarkan terbentuknya sebuah negara Republik Indonesia dikarenakan lebih dekat kepada kedekatan sejarah yaitu sama-sama pernah merasakan rasanya dibawah pemerintahan penjajahan kolonial Belanda. Pemahaman dari negara sebenarnya sama dengan sebuah perusahaan atau organisasi. Negara adalah organisasi yang diciptakan untuk mewujudkan cita-cita berbangsa. Nah sekarang anda pasti sudah mengerti maksud saya berkata seperti itu dan bagaimana dengan anda sendiri?

3 komentar:

Toni Blog mengatakan...

Perasaan agak sulit aku urai nih penjelasannya.. Hehehe..so, kikuk ngasih koment :)

Itran Vuska mengatakan...

hehe sori saya perpendek itu biar ga bertele-tele maksudnya.. Bangsa dan negara itu beda seperti orang Jogja sama kesultanan Jogja..

aksesoris mobil avanza mengatakan...

jangan terlalu bangga apa yang sudah kita miliki...karena itu hanyalah titipan allah..